Powered By Blogger

Senin, 04 Januari 2010

PENYUSUNAN PORTOFOLIO TAYANGAN


Langkah-langkah pembelajaran PKn berbasis portofolio
Model Diknas 2005

I. Mengidentifikasi masalah;
Guru membagi kelas kedalam kelompok-kelompok kecil (3-4 orang), setiap kelompok diminta untuk mencari satu masalah sesuai dengan kompetensi dasar,topik dan tema materiI pelajaran, lalu mendiskusikan dengan kelompok kecil tersebut untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam format identifikasi masalah serta alasan memilih masalah tersebut.

II. Memilih masalah untuk kajian kelas;
Membuat daftar masalah yaknii setiap kelompok kecil yang telah selesai mengidentifikasi masalah dengan dukungan informasi yang telah memadai menetapkan satu masalah dan menuliskannya dalam daftar masalah di papan tulis diikuti oleh kelompok kecil lainnya sehingga terdapat sejumlah masalah, kemudian dilakukan voting tahap pertama memilih 2 masalah, dan tahap kedua memilih satu masalah untuk kajian kelas.

III. Mengumpulkan informasi tentang masalah yang akan dikaji oleh kelas;
Kegiatan kelas mengidentifikasi sumber-sumber informasi (contohnya perpustakaan, tokoh masyarakat, guru, orang tua, intansi pemerintah, LSM, kepolisian dll) kemudian siwa melakukan kunjungan ke sumber informasi untuk mendapatkan informasi sesuai kajian kelas dan melaporkan hasil pengumpulan sumber informasi tersebut.selanjutnya siswa dibagi dalam 4 kelompok.

IV. Mengembangkan portofolio kelas ;

Spesifikasi portofolio yakni meliputi dua seksi , yaitu portofolio seksi penayangan dan seksi dokumentasi. Portofolio seksi penayangan sebagai bahan presentasi kelas pada gelar kasus,sedangkan portofolio dokumentasi disimpan pada map jepit (binder) yang berisi data dan informasi lengkap setiap kelompok portofolio. Kelompok portofolio satu menjelaskan masalah, kelompok kedua mengkaji kebijakan alternatif, kelompok ketiga mengusulkan satu kebijakan public untuk mengatasi masalah dan kelompok empat membuat rencana tindakan.


SUBSTANSI PENYUSUNAN SETIAP KELOMPOK

Kelompok I

A. Merumuskan masalah

Latar belakang, Pengertian,Tujuan dibicarakan, Dampak positif, Dampak negative, Data atau Tabel/ grafik,Artikel, Motto, Kesimpulan bahwa masalah ini harus segera ditindak lanjuti.

Kelompok II

B. Kebijakan Alternatif
Aturan yang sudah ada, Kelemahan Pemerintah, Kelemahan masyarakat, Kelemahan LSM, Artikel, Motto, Kesimpulan: Bahwa kebijakan belum terlaksana efektif dengan baik.

Kelompok III

C. Kebijakan publik
Beberapa usulan kelas, Alasan memilih kebijakan, Kelemahan kebijakan tersebut, Keunggulan kebijakan tersebut, Artikel, Motto, Kesimpulan: Kebijakan yang diusulkan oleh kelas adalah ….

Kelompok IV

D. Rencana tindakan
Kebijakan yang diusulkan oleh kelas, Kelompok yang mendukung
Kemungkinan kelompok yang menentang
Bagaimana cara meyakinkan, menyadarkan kelompok yang menentang,Langkah-langkah agar kebijakan ini sampai diterima oleh pengambil kebijakan dengan membuat artikel atau usulan dan menyampaikan melalui perwakilan instansi terkait,Motto,Kesimpulan.


V. Penyajian Portofolio
a.Show case
· Show case di hadapan dewan juri tiap kelompok ( 3 orang )
· Menyajikan ide dan gagasan ke orang lain
· Belajar meyakinkan agar dapat memahami dan menerima ide dan gagasan
· Dapat mengundang guru lain, kepala sekolah, perwakilan siswa, orang tua siswa, tokoh masyarakat
b.Tujuan
· Menginformasikan pentingnya masalah
· Menjelaskan dan mengevaluasi kebijakan alternatif
· Mendiskusikan kebijakan terbaik
· Membuktikan bagaimana kelas mendapatkan dukungan

c.Persiapan
· Portofolio itu sendiri ( penyatuan dari empat panel )
· Penyajian lisan
· Tempat pelaksanaan
· Juri
· Mederator

Show Case:
a. Pembukaan ( 10 menit )
· Moderator
· Menginformasikan masalah
· Memperkenalkan

b. Penyajian lisan
· Kelompok portofolio satu ( 5 menit )
· Tanya jawab K. portofolio satu ( 10 menit )
· Kelompok portofolio dua ( 5 menit )
· Tanya jawab K. portofolio dua ( 10 menit )
· Kelompok portofolio tiga ( 5 menit )
· Tanya jawab K. portofolio tiga ( 10 menit )
· Kelompok portofolio empat ( 5 menit )
· Tanya jawab K. portofolio empat ( 10 menit )

c. Tanggapan hadirin ( 10 menit )

d. Pengumuman dewan juri
· Kualitas portofolio kelas
- seksi penayangan
- seksi dokumentasi
- penampilan kelompok
· Pemberian penghargaan

e. Refleksi pengalaman belajar
· Bercermin pada pengalaman belajar
· Melakukan evaluasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar